-->

Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

15 Trik Agar Acara Liburan kamu tidak Sampai Menguras Isi Kantong

JelajahSumatera.com - Traveling murah dan hemat memungkinkan kamu menikmati liburan seru dengan anggaran terbatas. Simak artikel terbaru dari kami 15 trik agar acara liburan kamu tidak sampai menguras ISI kantong.


15 trik agar acara liburan kamu tidak sampai menguras ISI kantong


Kapan terakhir kali liburan gaes? Berlibur atau traveling saat ini sudah menjadi kebutuhan cukup penting penunjang gaya hidup, tak kalah penting dari kebutuhan lain seperti berinternet ria, membeli pakaian yang fashionable, dan lain-lain. Secara psikologis, bepergian ke tempat baru serta mengalami hal-hal baru bisa berimbas positif bagi kesehatan jiwa. Nah, liburan ke sebuah tempat bisa jadi cara efektif untuk menyeimbangkan psikologis atau pelepas penat.

Namun, untuk pergi berlibur ke tempat yang menarik tentu saja tidak gratis. Ada pengeluaran-pengeluaran yang perlu kamu lakukan. Mulai dari biaya transportasi seperti tiket pesawat, tiket bus, ataupun biaya bahan bakar minyak (BBM) bila kamu menempuh perjalanan darat.

Kemudian saat berlibur pasti ada pengeluaran untuk biaya akomodasi atau penginapan selama di tempat liburan. Belum lagi biaya makan dan minum dan biaya untuk berjalan-jalan ke berbagai sudut tempat liburan. Tidak jarang justru sepulang dari acara berlibur, orang-orang justru pusing karena kehabisan uang.

Sebenarnya, acara berlibur tidak perlu mahal. Ada banyak cara mudah untuk menekan berbagai biaya supaya kamu bisa menjalankan agenda traveling murah ke berbagai tempat. Simak 15 trik agar acara liburan kamu asik dan tidak sampai menguras ISI kantong:


  1. Rencanakan jauh-jauh hari

traveling hemat
(source: Pixabay.com)
Merencanakan acara liburan jauh-jauh hari akan sangat membantu kamu mendapatkan traveling murah. Beli tiket saat sedang ada promo tiket murah atau jauh-jauh hari sebelum waktunya berlibur.

Beberapa maskapai penerbangan biasanya akan rutin menggelar promo tiket murah meriah yang bisa dimanfaatkan untuk menyusun rencana perjalanan berlibur setahun mendatang.








2. Berlibur Saat Low Seasons

traveling murah
(source: Pixabay.com)
Pergilah liburan ketika orang-orang tengah sibuk bekerja. Jika kamu pergi berlibur di luar musim liburan maka, kamu memiliki peluang lebih besar untuk mewujudkan Traveling murah.

Saat tidak sedang musim liburan, harga tiket pesawat dan tarif penginapan biasanya jelas tidak akan semahal saat musim liburan telah tiba.

Maskapai penerbangan dan building juga biasanya rajin memberikan promo di luar waktu musim liburan.

Agar bisa pergi di luar musim liburan, mau tidak mau kamu harus menyisihkan hari khusus untuk berlibur dengan mengambil cuti. Selain lebih ramah budget, kamu juga bisa menikmati liburan lebih tenang karena pergi di tengah low seasons sehingga tempat wisata kemungkinan tidak seramai saat musim liburan.

3. Beli Tiket dengan Strategi Jitu

Book using a private browser window to save money on travel
(source: Pixabay.com)
Untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga terbaik demi mewujudkan traveling murah, tidak cukup hanya dengan mengandalkan penawaran promo dari maskapai atau online travel agent. Ketika kamu tengah meriset penawaran tiket melalui water sport di net, pastikan kamu mengaktifkan mode concealed atau mode non-public. 

Website punya cara tertentu untuk merekam jejak harga pembelian tiket yang pernah kamu lakukan. Jadi, dengan menyetel mode privat, kamu akan lebih berpeluang besar mendapatkan harga tiket lebih murah.

jangan sungkan untk menggunakan situs perbandingan harga untuk sebelum membeli tiket dan saat mencari penginapan untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.

4. Menginap di Homestay, bukan di Hotel

traveling murah
(source: Pixabay.com)

Salah satu pos yang menyedot cukup banyak anggaran saat liburan selain tiket pesawat adalah pos akomodasi untuk penginapan. Bila ingin traveling murah dan hemat, lebih baik kamu memilih menginap di homestay yang banyak ditawarkan ketimbang menginap di hotel.

Menginap di homestay juga akan jauh lebih ekonomis bila kamu berlibur dengan rombongan keluarga yang banyak.

5. Ikuti Open Trip

traveling murah
(source: Pixabay.com)

Kamu juga bisa menekan biaya traveling menjadi lebih hemat dengan mengikuti open trip. Open trip merupakan perjalanan ke destinasi wisata tertentu yang dibuka untuk umum dengan prinsip sharing value. Dengan mengikuti Open trip, memungkinkan kamu pergi berlibur dengan biaya lebih irit terutama untuk ongkos transportasi dan penginapan karena sudah diperkirakan sebelumnya.

6. Datangi destinasi Wisata yang baru dibuka

Wahana atau tempat wisata rule baru dibangun atau baru didirikan bisa menjadi tempat wisata hemat alternatif bagi Anda. Karena biasanya tempat wisata rule baru dibuka Akan selalu menyediakan promo yang super murah.

Berbeda hal-nya dengan tempat wisata yang sudah terkenal. Biasanya mereka selalu menaikkan harga tiketnya ketika liburan berlangsung atau sudah memberikan harga traditional.

7. Hindari Belanja di Tourist Spot

Bila hendak berbelanja di tempat destinasi wisata, hindari membeli di pusat cinderamata atau tourist spot. Karena, harga barang-barang yang ditawarkan di sana kebanyakan pasti mahal. Kamu bisa mencoba mencari cinderamata yang sejenis dengan yang ada di destinasi wisata itu di tempat lain yang tidak didedikasikan khusus untuk para turis.

8. Berlakulah Seperti Orang Lokal

Ketika berlibur, jangan ragu manfaatkan kesempatan itu untuk mendapatkan pengalaman paling otentik di tempat asing. Ketimbang berkutat di wahana wisata dan makan di restoran mewah, akan lebih menyenangkan bila kamu menyelami kehidupan di sana dengan membaur jika perlu bisa juga menginap di perumahan setempat dan makan di tempat dimana masyarakat sekitar biasa makan.

9. Manfaatkan Pemakaian Kartu Kredit

Dengan memanfaatkan Kartu kredit kamu bisa mendapatkan banyak penawaran menarik untuk transaksi terkait traveling. Mulai promo tiket, airmiles, tarif penginapan, sampai transaksi belanja biasa di supermarket setempat.

Pilih kartu kredit dengan penawaran promo travel picket fence menarik. Juga, pastikan bahwa kartu kredit yang kamu pilih memiliki penawaran rate atau kurs mata uang bersaing.

10. Optimalkan Transportasi Publik

traveling murah
(source: Pixabay.com)

Untuk menekan biaya transportasi selama di tempat liburan, kamu perlu sering-sering mengoptimalkan transportasi publik ketika mengeksplorasi daerah setempat. Selain membantu kamu untuk mendapatkan pengalaman lebih otentik, transportasi publik juga lebih ramah kantong.

Bila di tempat wisata sudah tersedia layanan on-demand transportation seperti Uber atau Grab, kamu bisa menimbang untuk memanfaatkannya dengan pertimbangan tarif yang lebih bisa diprediksi.

11. Memasak Sendiri

traveling murah
(source: Pixabay.com)

Carilah homestay atau penginapan yang menyediakan dapur sendiri agar kamu bisa memasak makanan sendiri sesuai keinginan dan kemampuan tanpa tergantung perlu pada restoran. Memasak sendiri tentu jauh lebih hemat dibandingkan membeli makanan jadi di restoran.

12. Optimalkan Wi-Fi

Free Wifi
(source: Pixabay.com)

Ini mantra berhemat rule tidak boleh terlupa di era digital rule semakin geological formation. Manfaatkan pemakaian Wi-Fi gratis di space publik untuk menghemat konsumsi information net. Tapi, ingat pastikan kamu tidak melakukan transaksi perbankan dengan memakai fasilitas Wi-Fi publik untuk menghindari kemungkinan adanya malware.

13. Selalu Bawa Bekal Air Minum Sendiri

Ketika akan mengeksplorasi daerah destinasi wisata, pastikan kamu selalu membawa bekal minimal bekal untuk minum berupa air putih sendiri. Selain mencegah kamu Dari kemungkinan dehidrasi, terlebih bila kamu berwisata di tempat tropis yang panas, membawa bekal air minum bisa membantu kamu menekan biaya pembelian air minum dalam kemasan.

14. Manfaatkan Kesempatan Menjadi Pembelanja Pribadi

Berlibur ke sebuah tempat yang cukup populer bisa kamu manfaatkan untuk membuka layanan jasa titip beli barang-barang khas yang mungkin hanya ada di tempat tersebut atau kalaupun ada ditempat lain harganya selangit.

Manfaatkan media sosial dan grup whatsapp yang kamu miliki untuk menawarkan jasa titip beli barang-barang unik pada kerabat dan teman-teman kamu.

15. Beli oleh-oleh secukupnya

traveling murah
(source: Pixabay.com)


Membawa oleh-oleh untuk keluarga, kerabat dan teman-teman saat pulang dari berlibur adalah budaya khas orang Indonesia. Tidak perlu menjadi orang yang pelit dengan memangkas anggaran beli oleh-oleh hanya untuk mengejar traveling murah. Kamu tetap perlu untuk menyisihkan budget khusus yang dianggarkan untuk oleh-oleh orang-orang terdekat.

Beli saja barang yang murah meriah tetapi unik. Riset harganya terlebih dulu dan jangan segan bertanya pada penduduk setempat di mana tempat penjualan oleh-oleh murah dan bagus.
Deka Firhansyah, S.I.P.
Saya saudara kembar dari Deki Firmansyah, S.E. Seorang pelajar yang masih ingin terus belajar. Biasa di panggil Dek, meski saya lebih suka dipanggil DK atau cukup K. Kami Blogger asal Kota Pangkalan Balai, Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan kelahiran Selasa, 29 Maret 1994. Senang berbagi informasi sejak kenal internet dan Facebook kemudian mengantarkan saya mengenal blog. Rutin menulis apa saja yang ingin saya tulis termasuk curhat di blog sejak tahun 2016. Selengkapnya kunjungi halaman about.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter