-->

Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

JEMBATAN BARELANG – IKON ARSITEKTUR KOTA BATAM, SEBUAH MAHA KARYA PUTRA BANGSA

JEMBATAN BARELANG – IKON ARSITEKTUR KOTA BATAM, SEBUAH MAHA KARYA PUTRA BANGSA 
Oleh Eldi 

Proyek Jembatan Barelang diprakarsai oleh B.J Habibie. Presiden ke-3 Indonesia, yang saat itu menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi dan Kepala Eksekutif Otorita Batam.Terletak sekitar 35 km dari jantung Kota Batam, gugusan jembatan ini merupakan sebuah prestasi arsitektur putra bangsa dimana jembatan jembatan ini menghubungkan Pulau Batam dengan beberapa pulau kecil di selatannya, yaitu Rempang, Galang dan Galang Baru (yang, bersama-sama juga dikenal sebagai daerah Kepulauan Barelang) dan pulau-pulau kecil Tonton, Nipah, dan Sekotok. 

Karena alasan ini, nama Barelang disingkat pendek dari nama tiga pulau utama Batam, Rempang, dan Galang. Faktanya, Jembatan Barelang adalah sebuah sistem yang terdiri dari 6 jembatan dan jalan penghubung yang bersama-sama membentang di seluruh wilayah kepulauan Barelang yang luasnya sekitar 715 km persegi. 

Rentang dari semua jembatan bersama-sama mencakup 2 kilometer, sedangkan jarak kepulauan barelang yang sebenarnya mencakup dari jembatan pertama ke yang terakhir adalah sekitar 50 km. Keberadaan jembatan jembatan ini mencerminkan Budaya Riau-Melayu dimana keenam jembatan secara resmi dinamai ssesuai penguasa Kesultanan Riau dari abad kelima belas sampai penguasa abad ke-18.

Jembatan pertama dan utama secara resmi disebut Jembatan Tengku Fisabililah, tetapi jembatan ini lebih dikenal sebagai Jembatan Barelang atau Jembatan Habibie. Jembatan satu ini menghubungkan pulau Batam dengan pulau kecil Tonton. 

Mirip dengan Jembatan Golden Gate di San Francisco, AS, jembatan satu yang indah ini adalah yang terpanjang dan terbesar di seluruh sistem. Mencakup 642 meter, ini adalah jembatan kabel, didukung oleh dan didekorasi dengan dua tiang tinggi setinggi 199m. Menghadap laut lepas yang dihiasi dengan beberapa pulau kecil, jembatan ini menyediakan tempat yang sempurna dan luar biasa untuk berswafoto. 

Dilengkapi dengan platform yang menawarkan sudut terbaik jembatan, berfoto di sini untuk wisatawan adalah wajib karena akan memberikan bukti kuat bahwa seseorang memang telah mengunjungi Pulau Batam. 

Jembatan Barelang terdiri dari enam jembatan berbeda yang juga menghubungkan keenam pulau utama di dekat Batam: Jembatan Barelang I: Jembatan Teuku Fisabilillah Jembatan Barelang I adalah jembatan terpanjang dan terbesar yang panjangnya 642 meter. Jembatan ini menghubungkan Pulau Batam dan Pulau Tonton. Desain arsitekturnya menyerupai Jembatan Golden Gate San Francisco di Amerika Serikat. Ini menjadikan Jembatan Barelang I sebagai salah satu tujuan wisata utama di Batam. 

Masyarakat lokal biasanya mengunjungi jembatan hanya untuk berswafoto atau makan siang atau makanan ringan di banyak warung makan atau warung yang terletak di dekat jembatan ini. Jagung bakar manis di sini harganya Rp. 5.000 dan jus kelapa muda berharga Rp. 15.000. Buah naga, buah lokal Batam serta makanan ringan lokal lainnya juga dijual disini.


2. Jembatan Barelang II: Jembatan Nara Singa 

Jembatan II ini menghubungkan Pulau Tonton dan Pulau Nipah dengan panjang sekitar 420 meter. Jembatan ke-2 yang menghubungkan pulau-pulau Tonton dan Nipah merupakan jembatan kantilever yang memiliki panjang total 420 m.  

3. Jembatan Barelang III: Jembatan Ali Haji 

Jembatan III ini menghubungkan Pulau Nipah dan Pulau Setokok dengan panjang sekitar 270 meter merupakan jembatan gelagar yang membentang sekitar 270m, yang disebut Jembatan Ali Haji yang menghubungkan Pulau Nipah dengan Sekotok 

4. Jembatan Barelang IV: Jembatan Sultan Zainal Abidin 

Jembatan IV ini menghubungkan Pulau Setokok dan Pulau Rempang. Jembatan Barelang IV memiliki panjang sekitar 365 meter ini juga merupakan jembatan kantilever 

5. Jembatan Barelang V: Jembatan Tuanku Tambusai 

Jembatan V yang terbentang sepanjang 385 meter ini menghubungkan Pulau Rempang dan Pulau Galang. Di Pulau Rempang terdapat Pantai Melayu yang menawarkan pemandangan panorama dan suasana santai dan sering dikunjungi oleh penduduk setempat dan wisatawan. 

Jembatan ke-5 adalah Jembatan dengan lengkungan sepanjang 385m yang disebut Jembatan Tuanku Tambusai. Jembatan itu menghubungkan Rempang dengan Pulau Galang, situs bekas Kamp Pengungsi Vietnam. Jembatan ke-6 dan terakhir juga merupakan yang terkecil dengan total panjang 180m. Disebut Jembatan Raja Kecik, menghubungkan Galang dengan Pulau Galang Baru


6. Jembatan Barelang VI: Jembatan Raja Kecil 

Jembatan VI memiliki panjang sekitar 180 meter dan menghubungkan Pulau Galang dan Pulau Galang Baru. Kehadiran Jembatan Barelang telah memfasilitasi akses bagi penduduk pulau untuk pergi ke pulau utama Batam dan memutar roda ekonomi mereka dan menyuplai kebutuhan pangan warga Batam karena. 

Sebagian besar pertanian dan perkebunan terletak di luar Pulau Batam berdasarkan hukum Otorita Batam dan hasil laut seperti ikan juga diangkut dari luar Pulau Batam. Saat ini,keberadaan jembatan jembatan ini semakin berkembang menjadi tempat wisata dan menjadi ikon Batam. 

Jembatan Barelang dan jalan Trans Barelang menyediakan akses mudah untuk mencapai tujuan wisata berupa pantai pantai indah di Pulau Rempang dan Pulau Galang. Sebagian besar pantai terletak di luar pulau utama Batam, seperti Pantai Melayu, Pantai Kalat, Pantai Mirota, dan Pantai Vio-vio termasuk tempat snorkeling dan menyelam yang juga terletak di ujung jalan Trans Barelang, seperti Pulau Abang dan Pulau Petong. 

Sebagai penutup, berikut fakta fakta menarik tentang Jembatan Barelang 
 1)Rantai jembatan Barelang dibangun dengan sejumlah besar dana; lebih dari 400 Miliar Rupiah yang dihabiskan pada waktu itu. 
2)Pembangunan jembatan dimulai pada tahun 1992 dan selesai pada tahun 1998. 
3)Bentangan penuh dari semua 6 jembatan total menjadi 2,264 meter. 
4)Perjalanan dari jembatan pertama ke jembatan terakhir adalah sekitar 54 km dan membutuhkan waktu sekitar 50 menit berkendaraan. 
5)Nama-nama jembatan diambil dari nama penguasa Kesultanan Riau abad ke-15 hingga ke-18. Wisata Sejarah ke Kamp Pengungsi Vietnam di Pulau Galang Kamp Pengungsi Vietnam di Pulau Galang adalah tempat bersejarah yang pernah dihuni oleh sekitar 250.000 pengungsi dari Vietnam pada tahun 1979-1995. 

Kamp ini dibangun oleh UNHCR, salah satu organisasi di bawah PBB yang menangani korban perang,bersama Pemerintah Indonesia. Kamp pengungsi ini terletak di atas lahan seluas sekitar 80 hektar. Sama seperti 'kota' baru, kamp ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, mulai dari sekolah, tempat ibadah (gereja, kuil, dan masjid), rumah sakit, kuburan, kantin, barak, dan bahkan penjara. 

Kisah pengungsi dimulai dengan perang saudara yang berlangsung cukup lama di Vietnam, yang terjadi dari tahun 1959 hingga 1975 yang juga melibatkan beberapa negara lain, misalnya. Amerika Serikat dan Rusia. Selama dan setelah perang, banyak orang Vietnam melarikan diri dari negara mereka untuk alasan keamanan dan perlindungan. 

Beberapa dari mereka berlayar di Laut Cina Selatan selama berbulan-bulan di atas kapal kayu untuk menemukan tempat yang lebih aman untuk hidup. Sayangnya, beberapa dari mereka mati dalam pelarian, tetapi banyak juga yang berhasil mencapai negara lain, termasuk di beberapa pulau di Indonesia, seperti di Pulau Natuna dan Pulau Bintan. (Inilah sebabnya mereka juga disebut sebagai "manusia perahu").


Pada 1979, mereka semua pindah ke kamp pengungsi di Pulau Galang. Selama sekitar 16 tahun mereka tinggal di pulau tersebut, hidup terpisah dari dunia luar. Ini sengaja dilakukan untuk memudahkan pengawasan dan alasan keamanan di sekitar dan di dalam kamp. 

Akhirnya pada tahun 1995 kamp ditutup setelah para pengungsi berhasil mendapatkan suaka dari negara-negara seperti Amerika Serikat dan Australia atau kembali ke negara asal mereka, Vietnam. Kamp ini kemudian dibuka untuk umum pada tahun 1998, setelah pembangunan Jembatan Barelang selesai. 

Saat ini, beberapa fasilitas kamp berfungsi dengan baik, seperti Pagoda Quan Am Tu, Pagoda Chua Kim Quan, dan Gereja Katolik Nha Tho Duc Me Vo Nhiem. Tempat ibadah ini masih digunakan oleh pengunjung yang ingin beribadah dan berdoa di area kamp. Dua kapal kayu yang digunakan oleh para pengungsi juga ditampilkan di sini, di dekat Museum Kamp Pengungsi Vietnam Pulau Galang. 

Museum itu sendiri menampilkan beberapa peninggalan para pengungsi, seperti kartu identitas, foto, kerajinan tangan (lukisan, taplak meja, rumah miniatur, dll) Tepat di depan museum, terletak kantor polisi Indonesia (sudah mati) dan sebuah penjara yang pernah digunakan untuk memenjarakan pengungsi Vietnam yang melakukan kejahatan, seperti perampokan, melarikan diri dari kamp, ​​mabuk minuman keras, dan sebagainya. 

Ada juga Patung Kemanusiaan yang terletak di sebelah Pagoda Quan Am Tu. Patung itu dibangun untuk mengenang Tinh Nhan, seorang wanita pengungsi Vietnam yang bunuh diri setelah diperkosa oleh seorang sesama pengungsi. tinggal di banyak negara lain, seperti Amerika Serikat, Australia, Belanda, Singapura, dll. Tidak jauh dari Patung Kemanusiaan, ada Makam Ngha Trang, tempat lebih dari 500 pengungsi dimakamkan. 

Saat ini, kerabat orang-orang yang dikubur di sini sering mengunjungi kompleks itu, serta para mantan pengungsi itu sendiri, yang sekarang tinggal di banyak negara lain, seperti Amerika Serikat, Australia, Belanda, Singapura, dll. Selesai

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter